Kuliner topot, makanan khas orang Gianyar Bali yang wajib dicoba

KULINER TOPOT, MAKANAN KHAS ORANG GIANYAR BALI YANG WAJIB DICOBA

http://www.kulinerankita.com/2018/05/topot-kuliner-khas-gianyar-sarapan.html

Topot merupakan kuliner tradisional khas masyarakat Peliatan Ubud Gianyar, bisa ditemui juga diberbagai desa di Gianyar khususnya desa Peliatan Ubud, desa Tulikup, dan desa Ketewel. kuliner satu ini cocok dijadikan sarapan pagi. Topot merupakan makanan yang mirip dengan tipat tetapi yang menjadi pembeda adalah topot dibungkus daun bambu sehingga menghasilkan rasa yang khas. Topot sendiri sudah memiliki rasa karena beras sebelum dimasak dicampur dengan garam dan minyak kelapa, kemudian topot dibungkus dengan menggunakan daun bambu. Topot ini biasa disajikan dengan saur atau serundeng yang dihaluskan dicampur dengan sambal dan ditambahkan dengan toping sayuran menjadikan paduan rasa tradisional

 Topot merupakan kuliner yang langkah dan tidak bisa ditemui setiap hari mengingat proses pembuatanya yang membutuhkan waktu lama ssekitar 4 jam proses memasaknya . Namun, jangan berkecil hati bagi pecinta kuliner yang belum pernah mencoba topot di daerah Ubud, topot masih bisa  ditemui salah satunya di Jl. Cok Gede Rai banjar Bucu (lokasi di ujung gang buntu) dan beberapa restoran seperti Ubud Kitchen yang terletak di kawasan Arma museum dan Arma resort. Untuk para traveller yang mau ke Ubud  dan mau mencicipi kuliner topot ini dari bandara ngurah rai ke Desa Peliatan ubud sekitar 1 jam 32 menit (36.5 km) bisa menggunakan kendaraan motor mengingat jalanan Ubud yang sering macet, lebih cocok menggunakan kendaran bermotor sehingga bisa menjangkau daerah terpencil di Ubud.

Topot yang biasa kita temui di Ubud biasanya disajikan dengan lengkap, dengan topot itu sendiri kemudian diisi dengan saur dan dicampur dengan dengan sambal diisi dengan toping sayur urab yang merupakan sayur khas bali tentunya harga yang terjangkau mulai dari 5.000-10.000 rupiah. Diberbagai daerah di Ubud kita bisa menjumpai penjual topot dari warung hingga restoran yang disajikan komplit dengan pemandangan alam Ubud yang indah.

    https://travelingyuk.com/kuliner-gianyar/104161/


 Walaupun kuliner satu ini khas dari Ubud, kuliner ini bisa kita temui di Desa Ketewel dan pasar tradisional Tulikup. Untuk di Desa Ketewel biasanya hanya dijumpai ketika hari-hari tertentu seperti kajeng kliwon  dan hari raya kuningan di sekitar Pura Dalem Desa Ketewel dan Pura Dalem Penyimpenan . Untuk didesa Tulikup bisa kita temui di pasar tradisional mulai pukul 6 pagi. Biasanya disajikan dengan topping tambahan seperti ayam sisit atau ayam betutu dan telur pindang.

 

https://youtu.be/JpcjjsLULb8


Alasan kenapa harus mencoba kuliner topot (keunggulan dari kuliner ini) adalah:

✓Topot merupakan kuliner autentik dan legendaris masyarakat Gianyar

✓ Tidak bisa dijumpai ditempat lain. 

✓Rasa dari topot yang khas karena beras dibungkus menggunakan daun bambu sehingga membuat rasa yang unik.

✓Mencoba cita rasa yang baru

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mencoba topot: 

- Makanan topot cocok dimakan menggunakan tangan, jadi jangan lupa cuci tangan ya

-Toping disesuaikan dengan selera

-Menyesuaikan tingkat kepedasan karena biasanya kuliner ini pedas 







Profil penulis:

Nama: Ni Luh Putu Puspa Pratiwi

Email: niluhputupuspapratiwi@gmail.com

Komentar